Minggu, 18 Desember 2011

SAYURAN


KONSUMSI SAYURAN
T Informasi yang saya dapat menjelaskan bahwa dalam FC sayuran dikonsumsi dalam bentuk mentah atau tidak dimasak. Benarkah demikian? Lalu bagaimana bila ingin makan bayam atau sayuran lain yang tidak biasa dimakan sebagai lalap? Benarkah bayam memperparah sakit asam urat?
J :  Memang, paling baik sayuran dimakan dalam bentuk segar, Kalaupun perlu dimasak, sayuran jangan dimasak terlalu matang atau sampai layu. Cara mengolah yang paling baik adalah tumis atau cah seperti masakan cina. Sebaiknya juga membatasi pemakaian santan, karena santan tinggi lemak jenuh. Lemak juga cenderung memperlambat proses pencernaan.
Semua sayuran baik dimakan, namun lebih baik lagi jika tidak dikonsumsi jenis yang sama setiap hari dan dalam jangka panjang. Hal ini menghindarkan kelebihan suatu zat dan sekaligus kekurangan zat penting lainnya pada makanan.
Penyebab utama asam urat adalah konsumsi protein hewani, lemak jenuh, dan makanan olahan yang berlebihan. Bayam tidak secara tersendiri dapat menyebabkan asam urat, kecuali jika dikonsumsi satu baskom sendiri dan setiap hari. Lagipula berapa sering orang mengkonsumsi bayam dalam seminggu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar