Minggu, 18 Desember 2011

NASI


SARAPAN PAGI
T :   Mengapa nasi goreng dan nasi uduk disebut makanan rendah energi? Bukankah nasi termasuk sumber energi? Apa yang dimaksud dengan sarapan berat?
JNasi memang termasuk sumber energi/tenaga. Tetapi tidak termasuk nasi putih apalagi yang digoreng atau nasi uduk. Sebagian besar zat-zat penting pada beras akan rusak atau hilang dalam proses penggosokan ketika beras dibuang kulit arinya agar menjadi putih. Kurang gizi berarti kurang energi. Makanan yang rendah gizi akan diperlakukan tubuh sebagai penyakit sehingga harus dikeluarkan. Padahal untuk mengeluarkan sisa makanan tubuh memerlukan energi yang cukup besar. Semakin besar zat aditif yang ikut bersama makanan, semakin besar pula energy yang diperlukan. Beras putih banyak mengandung zat pemutih (magnesium silikat), ketika dibuat nasi goreng juga sering ditambahkan zat aditif seperti gula, minyak, dan vitamin serta mineral sintetis lainnya. Proses pencernaan lemak (pada nasi goring dan nasi uduk) juga menguras banyak energi. Makanan ini disebut makanan rendah energi karena lebih banyak menghabiskan energi ketimbang memasok tambahan energi.

Sarapan berat adalah makanan yang tidak sesuai dengan siklus pencernaan di pagi hari seperti makanan olahan (sarat zat aditif), makanan tinggi protein dan lemak, makanan tinggi pati, atau kombinasi keduanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar