Minggu, 18 Desember 2011

PH TUBUH


T :   Dalam menjalankan FC masalah pH tubuh ternyata menjadi faktor penting. Apa dan bagaimana cara mengukur pH tubuh dan kadar air kita tanpa harus pergi ke klinik, atau dokter?
J :  Salah satu ukuran yang dipakai untuk mengetahui kesehatan tubuh adalah pH, derajat keasaman tubuh. pH tubuh yang sehat berkisar di antara nilai 7,4-7,6 (agak basa). Nilai pH yang netral adalah 7. Makanan tinggi protein atau pati menyebabkan pH tubuh turun, sehingga terlalu asam. Sebaliknya makanan segar alami seperti buah atau sayur menyebabkan pH lebih basa. Makanan yang dikonsumsi harus lebih banyak terdiri dari pembentuk basa daripada pembentuk asam.
Anda bisa menggunakan kertas khusus pengukur pH yang bisa dibeli di apotik. Kadar air tubuh kurang bisa dilihat dari kondisi kulit, kuku dan rambut yang kering dan kusam, termasuk pecah-pecah pada bibir. Terlalu sering sariawan, flu, atau sembelit juga merupakan tanda-tanda tubuh mengalami asidosis (pH tubuh terlalu asam) dan kurang cairan.

TOMAT VS PH

T :   Dalam FC kelompok buah-buahan digolongkan sebagai makanan pembentuk basa, namun kenapa tomat dimasuk kan pada makanan pembentuk asam?
JPH dan rasa tomat memang asam, tetapi yang menentukan suatu makanan dapat membentuk keasaman atau kebasaan dalam tubuh adalah kadar protein, air dan jenis mineral dominan yang terkandung dalam makanan tersebut.
Tomat (Lycopersicon esculentum) tergolong sumber makanan sehat karena kandungan zat gizinya. Satu cangkir jus tomat mengandung :
-  Vitamin C 21,6 mgr. Dengan asam sitrat murni, akan mempercepat metabolisme.
-  Vitamin A 1.394 I.U dengan lycopenen (sejenis karoten) berfungsi sebagai anti kanker
-  Biotin 2 mgr, dan asam folat 11,5 mcg
-  Kalium 254 mgr, Natrium 10 mgr, Kalsium 8 mgr, Magnesium 14 mgr, Fosfor 29 mgr, Besi 0,59 mgr.
Dengan komposisi seperti itu, tomat disarankan untuk :
1.  Gangguan Liver.
Vitamin C dan asam sitrat alami dalam jus tomat akan mempercepat pembentukan glikogen atau gula simpanan di dalam hati. Yang akan membantu keseimbangan hati/liver.
2.  Pembangkit nafsu makan.
Alkalin, rasa asam dan mineral yang terkandung di dalamnya
3.  Mengatasi kelelahan
4.  Natrium yang terkait dengan senyawa alami akan mengaktifkan enzim pelarut lemak dan membuang sejumlah besar deposit lemak dari aliran darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar